Perbedaan Pemilihan Ban Antara Ban Jalan On Road Dan Ban Off Road

Jual Bridgestone Dueler D-697 (a/t) Owt 225/65 R17 Toko Ban Surabaya  Terbaru Desember 2021 harga murah - kualitas terjamin - Blibli

source gambar : blibli.com

Sebagai pengendara mobil pasti anda sudah pernah mendengar tentang isitilah jalan on road maupun off road. Meskipun masih terdengar cukup asing, tetapi bagi para pemilik mobil trail maupun mobil besar istilah tersebut bukan merupakan istilah yang baru. Biasanya istilah seperti ini juga seringkali digunakan oleh para pengemudi truk yang melintasi jalanan panjang dengan beragam kontur.

Bagi para pengemudi truk besar istilah On road dan Off road ini biasanya digunakan untuk menentukan jenis ban mana yang akan dibeli dan digunakan nantinya. Itu karena biasanya truk membawa muatan dalam jumlah banyak yang cukup berat. Selain itu medan jalan yang dilalui pun cukup beragam, itulah mengapa pemilihan ban menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Pada umumnya ban yang digunakan pada kendaraan memiliki jenis yang berbeda tergantung kepada jalanan yang akan dilalui. Hal tersebut juga berlaku pada pemilihan ban truk, apakah nantinya truk tersebut akan digunakan dijalan beraspal atau jalan yang berbatu. Setelah mengetahui medan jalanan yang akan dilalui barulah anda bisa menentukan jenis ban mana yang cocok dengan kebutuhan kendaraan anda.

Sebelum membahas tentang jenis ban yang akan digunakan, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai pengertian jalanan on road dan off road. Jalan on road sebenanrnya merupakan jalan yang sudah diaspal, sedangkan jalanan off road merupakan jalan yang belum diaspal atau masih berbatu, berlumpur, maupun dikelilingi dengan tanah yang tidak rata.

Dari kedua jenis jalan tersebut tentunya kita bisa mengetahui perbedaan kebutuhan ban dari tiap jenis jalan tersebut. Untuk jalan on road bisa saja mobil atau truk menggunakan jenis ban standart. Sedangkan untuk ban offroad biasanya dibutuhkan ban yang memiliki standar berbeda. Hal tersebut dilakukan demi kenyamanan kendaraan selama melintasi jalur tersebut.

Jika dilihat secara teknis ban onroad biasanya dibuat dengan permukaan ban yang lebih luas. Itu karena biasanya ban on road digunakan untuk melintasi jalan beraspal yang sudah cukup rata. Sehingga dibutuhkan ban dengan permukaan yang lebih lebar agar ban tidak mudah asu atau menipis.

Sedangkan pada ban offroad permukaan bannya dibuat lebih bergelombang dan memiliki rongga. Hal tersebut dilakukan agar saat melintasi jalanan yang berbatu atau berlumpur ban tidak mudah selip dan benda yang menempel pada ban lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu ban offroad juga biasanya memiliki traksi yang kuat agar memiliki daya cengkram yang lebih kuat.

Secara teknis itulah yang membedakan antara ban onroad dengan ban offroad. Begitu pula secara fungsi tentu kedua ban ini memiliki fungsi yang berbeda – beda. Jadi pemakaian kedua jenis ban ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda selama berkendara. Penggunaan jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan and aini dilakukan untuk membuat performa mobil anda bisa lebih maksimal.

Jadi kesimpulannya jika mobil anda terbiasa melewati jalanan yang beraspal sebaiknya carlah ban yang memang khusus ban on road. Tetapi jika memang kendaraan anda lebih sering melewati jalanan yang berbatu dan berlumpur maka anda bisa menggunakan ban jenis offroad untuk memaksimalkan performa kendaraan anda.

Saat ini di pasaran pun sudah terdapat banyak sekali jenis ban baik on road maupun offroad yang bisa anda sesuaikan jenis dan merknya tergantung kepada kebutuhan dan kemampuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.