Doa Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal Sebagai Bentuk Pembaktiaan Kita

Kumpulan Amalan dan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal | Indozone.id

source gambar : indozone.id

Berdoa untuk kedua orangtua sudah menjadi kewajiban bagi kita yang telah dilahirkan didunia ini hingga tumbuh besar seperti saat ini. Orangtua memiliki peran yang penting dihidup kita, maka dari itu kita tidak boleh melupakan jasa dan kasih sayang mereka meskipun keduanya telah tiada.

Bagi umat muslim, berdoa untuk kedua orangtua merupakan amalan baik sekalgus wujud berbakti kita terhadap mereka yang tidak lelah membesarkan kita. Untuk memperingati orangtua kita yang sudah meninggal, alangkah baiknya bagi kita untuk mendoakan mereka dan melakukan amalan baik yang tidak akan terputus untuk mereka tenang disurga. Berikut ini doa-doa untuk orangtua yang telah meninggal dunia.

 

Doa Agar Orang Tua Masuk Surga

Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu’miniina yauma yaquumul hisaab”

 

Artinya: “Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Surat Ibrahim: 41)

 

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘afihi aa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.”

 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

 

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

 

Amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan untuk membantu orangtua kita yang telah tiada

Selain berdoa, tidak ada salahnya bagi kita untuk melaksanakan amalan-amalan yang baik demi menjaga pahala yang tidak terputuskan untuk kedua orangtua. Beberapa amalan seperti melaksanakan wasiat dan bersedekah atas nama orangtua juga merupakan amalan baik agar tidak terputusnya pahala baik.

  1. Jika orangtua meninggalkan janji atau wasiat, maka laksanakan keduanya sebaik mungkin.
  2. Senantiasa berdoa dan memohon ampunan untuk orangtua selepas sholat fardu maupun sunnah.
  3. Berpuasa sunnah dengan niat amalan ibadah untuk membantu orangtua.
  4. Bersedekah dengan mengutamakan pahala orangtua yang telah meninggal.
  5. Menshalatkan dan menguburkan jenazah orangtua.
  6. Melunasi semua hutang orangtua semasa hidupnya.
  7. Tetap menjalin silaturahmi dengan rekan, sahabat, dan keluarga orangtua.
  8. Melaksanakan ibadah haji untuk orangtua.
  9. Menjaga nama baik orangtua selalu.
  10. Ziarah ke makam orangtua.
  11. Mengaji dengan niat mengirimkan doa kepada orangtua.

 

Cara Mengirimkan Al-Fatihah Kepada Orangtua Yang Telah Tiada

Selain doa-doa diatas, Al-Fatihah juga merupakan salah satu surat Al-Quran yang memiliki berbagai macam manfaat dan keutamaan. Salah satunya adalah dengan mengirimkan Al-Fatihah sebagai doa keselamatan bagi orang yang sudah meninggal dunia. Berikut ini tata cara mengirim Al-Fathihah keada orangtua atau keluarga yang telah tiada.

  1. Hendaknya membacakan Al-Fatihah saat ziarah makan orangtua.
  2. Sebut nama orangtua dan bacakan Al-Fatihah.
  3. Baca juga dengan doa-doa lain untuk kebaikan kedua orangtua.

 

Kesimpulan diatas adalah, meskipun kedua orangtua telah tiada, kita sebagai anak yang mewujudkan rasa berbakti dengan cara berdoa dan melakukan amalam baik juga perlu dilakukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *