Manfaat Penggunaan Obat Azithromycin Untuk Pengidap Covid-19

5 Fakta Azithromycin, Obat yang Sering Disebut-sebut Saat Pandemi

Rumor tentang penyakit covid-19 di masyarkata memang seperti tida ada habisnya. Bahkan teori tentang jenis obat – obatan yang dipercaya bisa menyembuhkan covis pun banyak sekali muncul di pemberitaan. Namun apakah sebenarnya obat dari penyakit covid ini memang sudah ditemukan ? Ataukah covid ini memang tidak ada obatnya ?

Jika melihat pemberitaan dari lembaga terkait wabah covid ini memang cukup menyita perhatian banyak orang. Bagaimana tidak ? Sejak awal kemunculannya, covid ini sudah memakan korban lebih dari 1 juta jiwa dalam kurun waktu yang singkat. Hal itulah yang membuat tenaga medis dan para ahli terus berinovasi mengembangkan dan menciptakan sesuatu yang bisa mematikan virus covid ini.

Berbagai varian vaksin pun diciptakan untuk mengurangi dampak penyebaran virus covid yang mungkin menyebar di masyarakat. Namun ternyata dengan adanya pemberian vaksin tersebut masih belum bisa mengurangi bahkan menghilangkan wabah covid. Meski demikian para tenaga medis tidak berhenti berjuang sampai disitu.

Walaupun obat khusus penyakit covid ini memang belum ditemukan sampai saat ini. Tetapi ternyata terdapat beberapa obat yang dipercaya bisa mengurangi gejala yang ditimbulkan dari virus covid ini. Bahkan pemberian obat – obatan ini juga dapat membantu mempercepat proses pemulihan dari penyakit covid ini.

Salah satu jenis obat yang dipercaya dan sudah sering digunakan untuk mengurangi gejala dari penyakit covid 19 ini adalah Azithromycin. Ya, meskipun obat ini sebenarnya merupakan obat yang digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan imun didalam tubuh dan juga membunuh bakteri yang merusaj bagian pernapasan, tetai ternyata obat Azithromycin ini juga diketahui dapat membantu penyembuhan gejala penyakit covid.

Meskipun penyakit covid ini disebabkan oleh virus dan pemberian obat Azithromycin ini dianggap tidak relevan karena obat ini berguna untuk membunuh bakteri di saluran pernapasan. Tetapi kenyataannya obat ini memiliki efek samping yang baik saat diberikan kepada pengidap covis yang masih berada dalam tahap belum parah.

Mungkin obat Azithromycin ini bisa bermanfaat bagi penderita covid karena obat ini juga memiliki manfaat untuk memabntu pertumbuhan imun di dalam tubuh. Dengan adanya imun – imun didalam tubuh tentunya itu akan membantu proses penyembuhan tubuh karena imun tersebut melawan virus asing yang ada didalam tubuh.

Walaupun memang sampai saat ini penggunaan obat Azithromycin untuk para pengidap covid belum ada riset khususnya. Tetapi sejauh pemberian obat ini memberikan efek yang baik maka pemberia obat ini masih di sahkan jika dalam kondisi darurat seperti ini. Hanya saja memang pemberian obat ini harus selalu dibawah pengawasan dokter.

Karena Azithromycin ini juga memiliki fungsi untuk bisa membunuh virus yang bisa menyebabkan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi paru – paru. Jadi obat ini dianggap masih cocok untuk diberikan kepada orang yang mengidap covid karena efek yang ditimbulkan sama hanya saja penyebabnya yang berbeda.

Jadi sebaiknya untuk anda yang menderita covid dan ingin melakukan treatment maupun karantina mandiri dirumah. Ada baiknya anda tetap melaukan konsultasi dengan dokter terkait agar lebih jelas tentang perawatan yang akan diberikan. Jangan semabrangan meminum jenis obat hanya karena banyak orang dengan penyakit sama menggunakan obat tersebut.

Ingat bahwa meskipun jenis penyakitnya sama tetapi efek yang ditimbulkandari setiap orang bisa berbeda – beda tergantung dengan ketahanan dan juga daya tahan dari orang yang terkena covid tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *