Tips Mudah Dan Benar Mengatasi Anak Yang Sulit Makan

 

Pastinya ibu tidak sendirian saat memiliki anak yang susah makan. Karena Perusahaan YouGov dari Inggris memaparkan hasil survey bahwa 1 dari 4 orang tua angkat tangan menghadapi anaknya yang enggan mengkonsumsi makanan sehat. Bahkan yang mengejutkannya lagi, ada sekitar 68 % dari mereka merasa frustasi dan stress menghadapi kondisi tersebut. 

Sebenarnya para orang tua tidak perlu khawatir karena adanya beberapa tips mudah dan benar untuk mengatasi anak yang sulit makan, diantaranya yaitu : 

  • Sabar

Ibu harus ingat bahwa ternyata 30 % anak anak akan melalui fase dimana mereka tidak ingin makan apapun. Ada banyak faktor penyebabnya seperti gigi tumbuh, perut tidak enak, hingga tidak menyukai hidangan makanan yang disajikan ibunya. 

  • Si Kecil Akan Makan Ketika Lapar

Kemugkinannya ibu akan kehilangan kesabaran untuk menunggu si kecil lapar. Tetapi ini lebih baik, daripada ibu memaksa si kecil makan padahal dia belum makan, bukan tidak mungkin anak justru akan menangis. 

  • Makan Bersama 

Dengan makan bersama maka ini akan menjadi waktu yang paling penting bagi keluarga untuk fokus berkomunikasi serta mempererat bonding. Saat si kecil diajak makan bersama, maka dia akan melihat lalu meniru apa yang dimakan ibunya. Ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur dan buah supaya si kecil juga menginginkan makan sayur dan buah.

  • Rutinitas

Ibu bisa saja membuat jadwal wajib bagi si kecil untuk makan 3 kali sehari missal pada pukul 07.00, 12.00, dan 19.00 WIB. Sertakan juga beberapa cemilan disela waktu makan tersebut. Beri si kecil waktu untuk menghabiskan makanannya selama 30 menit, lalu langsung rapikan meski anak belum menghabiskan makanannya. Dengan melakukan ini, ibu sudah melatih si kecil tentang kedisplinan. 

Selain itu masih ada tips mudah dan benar lainnya untuk mengatasi anak yang sulit makan seperti membatasi minum, menghindari porsi yang terlalu banyak, memasak bersama, tidak memberikan sogokan, dan yang pasti tetap berusaha. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *