Cara Belanja di Lazada dengan Aman dan Mudah

Penasaran bagaimana cara belanja online di marketplace seperti Lazada dengan aman dan mudah tanpa kena penipuan? Ada beberapa langkah dan pengetahuan dasar yang perlu diketahui agar tidak menjadi salah satu korbannya. 

Membeli barang secara online di marketplace seperti Lazada memang gampang-gampang susah. Gampangnya adalah semua tinggal klik tanpa harus ke toko fisik. Susahnya ketika berurusan dengan toko yang melakukan praktik penipuan kepada pembeli. Menariknya, kita juga bisa memanfaatkan cicilan lazada dengan praktis dan mudah.

Sebenarnya jika tahu triknya, berbelanja melalui Lazada terbilang cukup mudah dan aman. Asal menyediakan waktu untuk lebih teliti dan detail “mendeteksi” toko yang dituju, pasti kamu akan jauh dari penipuan. Yuk, langsung simak seperti apa cara berbelanja aman di Lazada berikut:

Beli dari official store

Barang bermerk sebaiknya beli langsung dari toko resmi alias official store. Selain untuk mencegah dari penipuan, biasanya harga yang dibanderol juga lebih murah dari toko reseller. Dengan membeli langsung di official store, sudah pasti barang tersebut adalah original.

Cek official store di Lazada dengan melihat apakah terdapat logo LazMall Flagship Store atau tidak. Ada pula toko LazMall Certified Store, yang berarti toko atau distributor resmi dari suatu merek. Jika ada toko yang menggunakan kata “official” namun tidak ada logo LazMall, maka toko tersebut patut dicurigai.

Pembayarannya juga tersedia cicilan lazada menggunakan Kredivo. Kredivo berikan cicilan 3 bulan tanpa bunga sama sekali alias nol persen. Cukup bayar biaya admin saja sebesar 3% dari total harga barang. Untuk minimum pembelian barang jika mau dicicil sebesar Rp500 ribu. Sedangkan jika mau dicicil 6 bulan atau 12 bulan, Kredivo tetap memberikan bunga rendah hanya 2,6% saja per bulan.

Jangan tergiur harga miring

Harga murah memang menjadi daya tarik yang sengaja diambil oleh toko-toko online. Biasanya mereka menggunakan istilah diskon, flash sale, cuci gudang, dan lain sebagainya. Tapi terkadang ada beberapa toko yang memberikan harga tidak masuk akal dan justru mencurigakan.

Agar tidak tertipu dengan barang yang tidak sesuai dengan harapan, ada baiknya cek terlebih dahulu harga di toko-toko lain. Cari tahu harga aslinya dengan cara membandingkan harga lain. Karena percuma kalau ada diskon besar sampai 80% tetapi harganya telah dinaikkan terlebih dahulu.

Cek rating dan performa toko

Barang yang diinginkan tidak ada di official store Lazada? Solusinya, carilah toko yang yang rating dan performanya bagus. Trik ini penting untuk mengetahui bahwa toko tersebut apakah benar-benar melayani dengan baik dan jujur.

Pada bagian kanan bawah terdapat informasi toko yang memuat Rating Positif Seller, Periode di Lazada, dan Kelompok Seller. Untuk melihat toko yang terpercaya, lihat Rating Positif Seller dan Kelompok Seller yang tingkatannya tinggi. Jika performanya bagus, toko tersebut bisa dijadikan pilihan.

Baca ulasan dari pembeli lain

Melihat bagian ulasan dari pembeli lain bisa menjadi satu trik agar aman berbelanja. Pasalnya, pembeli sering memberikan foto asli saat produk sudah diterima di tangan. Dari foto tersebut, kamu bisa melihat seperti apa barang aslinya, apakah warnanya sesuai, ukurannya tepat, fungsinya berjalan dengan baik, dan lainnya.

Kolom ulasan ini memang cukup membantu saat memutuskan membeli barang. Namun kadang ada pembeli yang memberi ulasan dengan tidak tepat, seperti memberi bintang lima padahal ia berkomentar tidak puas. Jadi sebaiknya, cek ulasan lainnya yang lebih membantu agar barang yang ingin dibeli sesuai dengan harapan.

Pilih pembayaran di tempat

Pembayaran di tempat atau Cash On Delivery (COD) adalah salah satu metode pembayaran yang cukup aman jika mau pilih bayar tunai. Apalagi jika barang yang dibeli adalah peralatan elektronik atau barang dengan harga yang cukup mahal. Dikatakan aman karena pembeli tidak perlu membayar orderan jika belum menerima barangnya.

COD juga menguntungkan bagi pembeli ketika pesanan batal ketika penjual sedang tidak ada stok, maka pembeli tidak perlu menunggu refund dana. Metode ini juga sering digunakan bagi pembeli yang berlokasi di pelosok dan berkendala untuk transfer bank. Meski menguntungkan, sayangnya tidak semua penjual mengaktifkan fitur COD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *