Bagaimana Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja? Simak Berikut!

8 Info yang Wajib Ada di Surat Lamaran Kerja, Tujuannya Harus Jelas!

Ketika kita masih kecil dulu kita sering sekali melihat orang tua membuat surat izin tidak masuk sekolah dan sekarang hal itu rasanya tidak bisa kita lihat lagi karena kita sudah dewasa dan bekerja. Karena hal itulah kita harus bisa membuat surat izin tidak masuk kerja ketika sedang sakit atau ada urusan penting, namun apakah kamu sudah pernah membuat surat izin tidak masuk kerja?

Kalau begitu pas sekali karena kami akan memberikan contoh membuat surat izin kerja dan contoh surat izin tidak masuk kerja. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Bagian atas surat

Kita mulai dengan membahas bagian atas surat, di bagian ini kamu harus mencantumkan tempat dan tanggal penulisan secara lengkap. Pada bagian ini kamu bisa menggunakan format penulisan di bagian pojok kanan atau bisa juka pojok kiri tergantung dengan forman penulisan pada umumnya di kantormu. Jangan khawatir sebab tidak ada standar baku dalam suatu format penulisan, hanya saja kamu harus meletakkannya di bagian yang tepat.

Setelah kamu selesai menuliskan tanggal dan tempat, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menuliskan tujuan dari surat yang akan kamu sampaikan kepada atasanmu atau perusahaan tempat kamu bekerja. Cantumkan pula nama, jabatan, dan alamat kantor secara terperinci. Ketika kamu menuliskan dengan baik, maka atasanmu akan menanggapinya pula dengan baik.

2. Bagian tengah surat

Pada bagian tengah surat  kamu harus benar-benar memperhatikan soal penulisan identitas diri di kantor atau bekerja di bagian apa, seba jika kamu seorang karyawan dan di dalam perusahaan tersebut memiliki ratusan karyawan, maka atasanmu akan kebingungan mengenalimu. Untuk itu kamu harus mencantumka divisi dengan terperinci untuk memudahkan atasanmu.

Jika sudah melakukan bagian tersebut, hal selanjutnya kamu harus menjelaskan alasanmu tidak masuk kerja dengan jelas pula. Bisa saja kamu sedang medapat musibah seperti sakit, saudara meninggal dunia, keperluan mendadak dan masih banyak lagi. Alasan tersebut harus benar-benar kamu jelaskan dengan benar dan masuk akal. Jika kamu sakit maka kamu harus menyisipkan surat keterangan sakit dari rumah sakit atau puskesmas supaya atasanmu lebih yakin kamu tidak sedang berbohong.

3. Bagian akhir surat

Sampai kepada bagian akhir surat yang juga tidak kalah penting dari bagian-bagian sebelumnya. Bagian akhir surat ini bisa saja menjadi bagian yang paling mudah tergantung dengan alasanmu mengapa tidak masuk kerja. Ketika kamu memutuskan untuk izin karena cuti maka kamu perlu mengucapkan terimakasih kepada atasanmu yang sekiranya sedia untuk mengizinkanmu untuk bercuti. Selanjutnya jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan dan nama terang kamu sebagai penulis surat agar surat tersebut menjadi legal.

Adapun contoh surat izin tidak masuk kerja yang bisa kami berikan sebagai berikut :

Cimahi, 07 Mei 2021

Kepada

Yth. Kepala HRD PT Kencana

Jalan Anyelir 2 Panyileukan

Bandung Jawa Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap   : Heru Sukmajaya

Jabatan               : Staf Admin

Alamat                 : Jalan Soekarno Hatta nomor 39, Bandung

Memberitahukan bahwa saya tidak masuk kerja pada hari Sabtu, 07 Mei 2021 dikarenakan sakit. Sehubungan dengan masa menjalani perawatan berdasarkan instruksi dokter, saya mohon untuk tidak masuk kerja selama seminggu. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter terkait.
Demikian surat izin tidak masuk kerja yang saya buat atas kondisi sebenarnya. Atas perhatian dari pihak HRD, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Heru Sukmajaya

 

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara membuat surat izin tidak masuk kerja. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *