Beberapa Faktor Penyebab Banjir Akibat Keadaan Alam Maupun Manusia

7 Bencana Banjir Terparah di Dunia, Banjir Jakarta Semoga Tidak

Banjir merupakan bencana alam yang terjadi akibat banyak faktor, salah satu faktornya adalah tersumbatnya aliran air hingga volume air yang meluap ke luar. Penyebab banjir lainnya juga terjadi ketika tingginya curah hujan, maupun faktor ulah manusia.

Berikut dibawah ini beberapa faktor penyebab terjadinya banjir akibat keadaan alam maupun manusia :

  1. Penebangan Hutan

Seperti yang diketahui bahwa lahan tanah memiliki fungsi penyerapan air yang baik. Namun sayangnya masih banyak orang yang suka menebang pohon sembarangan dan menganggapnya sepele. Padahal melakukan penebangan hutan secara liar bisa menyebabkan tanah longsor dan penyebab banjir yang sangat besar. Jadi, alangkah baiknya kita bersama-sama menjaga kelestarian hutan Indonesia.

  1. Pemanfaatan Lahan Yang Berlebihan

Ada banyak alasan yang membuat banyak orang menggunakan lahan yang ada dengan sesuka hati mereka. Ada yang menggunakannya untuk membangun pabrik, perkebunan, dan mendirikan bangunan. Bahkan ada banyak orang yang melakukan cara terlarang seperti misalnya melakukan pembakaran hutan.

Pembakaran hutan akan menyebabkan tanah tidak memiliki kesuburan lagi, dan tidak akan mampu lagi untuk mempertahankan pertumbuhan vegetative. Jika sudah begitu, air pun jadi mudah meluap dari tanah.

  1. Efek Rumah Kaca

Lagi-lagi keegoisan manusia membawa dampak buruk bagi lingkungan, seperti kebiasaan membakar sampah, polusi kendaraan, dan asap industri yang telah membuat lapisan ozon semakin meningkat dan memberikan dampak sangat besar.

  • Suhu bumi yang seharusnya sekitar 18 derajat Celcius saat ini meningkat tajam menjadi 33 derajat celcius
  • Kenaikan karbon dioksida juga meningkat tajam
  • Menyebabkan pemanasan global
  • Iklim cuaca berubah sangat ekstrem
  • Menaikkan suhu serta ketinggian permukaan laut
  1. Membuang Sampah Sembarangan

Tampaknya hingga saat ini masih banyak orang yang masa bodo terhadap peringatan untuk selalu menjaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya. Sebab, kebanyakan orang menganggap bahwa sampah-sampah kecil tidak akan merusak lingkungan. Padahal akibat pemikiran yang sempit itulah justru menyebabkan aliran air mampet dan sungai meluap. Jika sudah seperti itu siapa yang harus disalahkan?

  1. Membangun Pemukiman Bantaran Kali

Penyebab banjir lainnya adalah karena adanya pemukiman penduduk yang ada pada area sungai. Keadaan tersebut tidak hanya akan menyebabkan aliran sungai sempit saja, namun juga membuat tanah yang terdapat pada kanan kiri berpotensi longsor. Selain itu, warga yang kebiasaan membuang sampah langsung ke sungai juga menyebabkan pendangkalan sungai.

  1. Curah Hujan Yang Tinggi

Biasanya sungai dan danau menjadi tempat untuk menampung air hujan, namun jika hujan yang terjadi begitu lebat dan terus menerus secara otomatis akan menyebabkan terjadinya kelebihan kapasitas dan inilah yang akhirnya menyebabkan bencana. Apalagi, jika kurangnya lahan tanah yang berfungsi sebagai penyerapan.

  1. Kurangnya Kawasan Drainase

Drainase yang berfungsi untuk mencegah bencana banjir merupakan infrastuktur yang paling penting bagi kota. Namun nyatanya saat ini banyak drainase yang berubah fungsi tanpa memperhatikan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Daerah hutan atau rawa yang awalnya berfungsi untuk menyimpan luapan air dalam jumlah besar, fungsinya telah berubah menjadi mall atau gedung perkantoran. Dalam hal tersebut pemerintah perlu menyeimbangkan kawasan kota dan drainase untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk.

Terjadinya banjir memang membawa banyak kerugian untuk manusia seperti kehilangan harta benda, hingga yang paling parah adalah adanya korban jiwa. Belum lagi timbulnya masalah kesehatan yang terjadi akibat air kotor, seperti wabah penyakit dan menyerang masyarakat terutama anak-anak dan lansia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *