4 Tips memilih Mukena Yang Harus Anda Ketahui

Di dalam Islam sholat merupakan merupakan salah bentuk peribadahan yang sifatnya ritual dan memiliki syarat-syarat tertentu, salah satunya adalah menutupi aurat. Bagi umat Islam di Indonesia dalam melaksanakan sholat, terutama bagi kaum wanitanya membutuhkan perangkat untuk menutupi aurat, seperti menggunakan mukena.

Mukena ini merupakan model pakaian atau busana yang harus digunakan saat melaksanakan sholat bagi kaum wanita. Lainnya halnya kalau wanita tersebut menggunakan busana gamis seperti orang Timur Tengah, tentunya mukena tidak diperlukan lagi. Memang memilih mukena itu gampang-gampang susah.

Ada dari segi tampilan bagus dan menarik, namun saat dikenakan ternyata panas dan membuat tubuh berkeringat. Hal ini tentunya akan mengganggu sholat anda. Namun sebaliknya, ada yang tampilannya biasa saja, namun  sangat nyaman saat digunakan dan tidak panas.  Oleh karena itu,  sebelum memilih mukena maka sebaiknya anda mengetahui tips memilih mukena sebagai berikut :

1. Tentukan Modelnya

Tips pertama dalam memilih mukena adalah dengan menentukan modelnya terleih dahulu. Hal ini dilakukan supaya ibadah anda terasa lebih nyaman di segala kondisi. Seperti yang diketahui bahwa muke ini terdiri dari beberapa model, diantaranya :

Model Konvensional : model ini terdiri dari bawahan dan atasan yang diikat dengan tali atau karet. Model mukena ini sangat cocok dikenakan untuk di rumah.

Model Terusan : hanya satu potong mukena terusan, yang mirip dengan gamis panjang dengan tutup kepala. Model mukena ini sangat cocok digunakan saat akan bepergian, atau sholat dilur rumah.

Model Tanpa Tutup Kepala : Model ini terdiri dari 2 potong atau 1 potong layaknya mukena biasa namun sebagian atasnya terbuka tanpa tutupan kepala. Model mukena ini sangat cocok untuk anda gunakan saat bepergian jauh.

2. Pilih Yang Berbahan Katun

Selain memilih modelnya, anda juga haru memperhatikan dalam memilih bahannya. Dalam hal ini sebaiknya anda menggunakan mukena yang berbahan dari katun, baik itu katun rayon, katun paris dan jenis katun lainnya. Karena dengan menggunakan bahan katun memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Sehingga saat mengerjakan sholat anda akan merasa nyaman, tidak gerah atau kepanasan. Selain itu, bahan katun ini juga cukup ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

3. Bedakan Warna Mukena Untuk Di Rumah dan Bepergian

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa mukena tersedia dengan banyak model dan warna. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah model dengan banyak motif dan berwarna gelap atau terang. Hal ini bertujuan supaya mukena tidak cepat nampak kotor atau pudar walaupun sering digunakan. sebaiknya, untuk mukena yang akan digunakan saat bepergian sebaiknya pilih warna lembut, seperti gading, putih, atau krem. Hal ini dilakukan supaya tidak terlalu mencolok dan membuat anda menjadi pusat perhatian. 

4. Ukuran Mukena

Sedangkan untuk tips yang terakhir adalah mengenai ukuran mukenanya. Biasanya muke dijual di pasaran all size. Akan tetapi, ukuran ini sebenaranya tidak seragam. Kadang ada mukena yang ukurannya lebih panjang atau lebar. Jadi, apabila anda memiliki tinnggi badan di atas rata-rata, maka cocokkan terlebih dahulu tinggi badan anda dengan ukuran mukenanya. Hal ini dilakukan supaya muke anda yang anda pilih tidak kependekan atau ketinggian. 

Itulah 4 tips memilih mukena semoga artikel ini ada guna dan manfaatnya, terutama bagi anda yang akan membeli mukena.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *